5.Manusia dan keindahan


Kata keindahan berasal dari,indah,cantik,manis,bagus,menarik. Yg mempunyai makna sifat indah adalah hasil karya seni . seperti keindahan seni lukis berupa pemandangan alam,danau,pegunungan,bunga-bunga dll. Ataupun seni lukis wajah yg berupa mata,hidung,rambut,dan tubuh seseorang.
Menurut The Liang Gie dalam bukunya “G,a-ris Besar Estetik” (Filsafat Keindahan) dalam bahasa Inggris keindahan itu diterjemahkan dengan kata “beautiful”, Perancis “beau”, Italia dan Spanyol “bello”, kata-kata itu ber¬asal dari- bahasa Latin “bellum”. Akar katanya adalah ”bonum” yang berarti kebaikan kemudian mempunyai bentuk pengecilan menjadi’ ”bonellum” dan terakhir dipendekkan sehingga ditulis “bellum”.
Keindahan itu mencerminkan pribadi pada diri seseorang. Sering kali penampilan seseorang mencerminkan kepribadian seseorang tersebut. Maka dari itu manusia setiap waktu memperindah diri,pakaian,rumah,kendaraan dan lain-lain agar menjadi lebih indah dan enak untuk dipandang oleh seseorang lain.
Banyak kaum wanita yang rela memngeluarkan sebagian uangnya untuk memperindah,dan mempercantik diri agar lebih indah itu termasuk kedalam keindahan diri.
Tampaknya kerelaan orang mengeluarkan dana yang relatif banyak untuk keindahan dan menguras tenaga serta harta untuk menikmatinya, seperti bertamasya ke tempat yang jauh bahkan berbahaya, hal ini semakin mengesankan betapa besar fungsi dan arti keindahan bagi seseorang. Agaknya semakin tinggi pengetahuan, kian besar perhatian dan minat untuk menghargai keindahan dan juga semakin selektif untuk menilai dan apa yang harus dikeluarkan untuk menghargainya, dan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi orang yang dapat menghayati keindahan.
Keindahan itu sangat penting dan perlu selalu kita ciptakan atau tanamkan di dalam diri kita pribadi, baik dalam keindahan berpakain,berprilaku, berucap,ataupun keindahan rumah dan keindahan kendaraan kita
Keindahan rumah kita dengan kita merawat rumah kita dgn membersihkan rumah, menghiasi rumah dengan bunga dan memberi suasana manis disetiap ruangan . rumah yg bersih terlihat lebih indah. Dan juga kendaraan kita bila bersih akan lebih terlihat indah.
Inilah yg dimaksud dengan manusia dan keindahan
Disadur dari : http://jogreserz.com/konank/detail_news/56/Manusia-dan-Keindahan

Comments