PRINSIP - PRINSIP DASAR EKONOMI BAGIAN 1.7 PART 1


1.7 PRINSIP – PRINSIP DASAR EKONOMI DAN 10 ELEMEN UTAMA NYA .
            Yang di maksud dengan prinsi p dasar ekonomi adalah : patokan prilaku pelaku ekonomi dalam perekonomian yang mengarahkan nya  bertindak dan berkesesuaian dengan apa yang diharapkan oleh pelaku ekonomi tersebut dalam mengambil keputusan . selama ini prinsip ekonomi yang banyak diajarkan dan dikenal adalah “ berusaha dengan usaha sekecil mungkin (tertentu) untuk menghasilkan hasil yang maksimal”. Prinsip ini jelas akan mengarahkan pada tindakan para pelaku ekonomi yang membolehkan semua cara untuk memenuhi kebutuhannya .Gregory Mankiw (professor ekonomi daru universitas Harvard ) mengidentifikasikan 10 prinsip ekonomi yang dikelompokan menjadi 3 bagian :

1. EMPAT PRINSIP YANG MELANDASI KEPUTUSAN TINGKAT INDIVIDU , yaitu :

·         Setiap individu harus selalu malekukan trade off.

Dalam perekonomian tentang pertukaran di kenal 3 istilah :  (1)  Trade On yaitu melakukan konsumsi/produksi tanpa menghilangkan kesempatan  bahkan harus menambah konsumsi barang lainnya , (2) Trade in yaitu melakukan konsumsi/produksi dengan cara melepaskan (barter/berdagang) berang lainnya, (3) trade off yaitu melakuakan produksi/konsumsi berdasarkan pada pengurangan secara berarti konsumsi/produksi satu barang untuk menambah konsumsi/produksi satu brang lainnya (dengan daya beli/biaya yang sama ).


·         Biaya adalah apa yang harus dikorbankan untuk mendapatkan sesuatu.
Dalam ilmu ekonomi (bisnis) identifikasi pengeluaran/pengorbanan harus dilakukan sejelas mungkin karna menyangkut harus diterima atau tidak di kemudian hari sehubungan dengan pengeluaran atau pengorbanan tersebut.


·         Orang rasional berfikir secara bertahap.
Salah satu pegajaran ekonomi yang sangat penting adalah ajakan untuk bersikap rasional baik dalam hal konsumsi ataupun produksi yang didasarkan pada cara berfikirnya.


10

Comments